Antena Trap 80m Band


Antena ini hasil karya Nadisha 4S7NR, yang dimodifikasi oleh YC0HLE yang hasilnya matching pada frekwensi 3.845 MHz. Rancangan ini akan resonant pada frekuensi sekitar 3.250MHz s/d 3.850MHz.
Dengan skema sbb:
ant1

Induktansi lilitan = 67.83 µH, terbuat dari kawat email diameter = 1 mm, diameter koker = paralon 1/2″. Jumlah lilitan 151 lilit.
Photobucket

Setiap mengurangi/menambah elemen sepanjang 5 cm berakibat perubahan frekuensi sebanyak 19 KHz.
Untuk menyesuaikan panjang elemen, elemen bisa ditekuk (dilipat) sesuai ukuran yang diharapkan.
Berikut tabel hasil pengujian SWR :
3.810 = 1 : 2
3.820 = 1 : 1.8
3.830 = 1 : 1.4
3:835 = 1 : 1.3
3.840 = 1 : 1.15
3.845 = 1 : 1
3.860 = 1 : 1.6
3.870 = 1 : 1.9

35 Tanggapan

  1. Yth. Bp. Nanang

    Matur nuwun gambaripun,
    godong glaglah godong tales
    Gusti Allah sing mbales

    Mboten sah kesusu, dipun bibaraken rumiyen handelan nipun.

    Sebab pe nek garap sarwo kesusu biasane hasillipun kirang sae.

    Yu Juminten marut klopo
    cekap semanten piatur kula
    menawi lepat nyuwun sepuro
    suuwuuunnn

    Nuwun suwu bhsnya belepotan
    maklum wong jowo ora biso bhs jowo

    sudah saya lihat foto2 nya
    salam kenal buat semuanya

  2. diameter paralon untuk koker 1/2″ … apakah ga terlalu kecil OM ? 1/2 inchi kira2 hanya 1.25 cm lho…

    • Jika anda menginginkan diameter yang lebih besar, tidak masalah, yang penting nilai induktansinya sekitar 67 mikro Henry. Silahkan dihitung sendiri menggunakan rumus Induktansi yang berinti udara dengan single layer.

  3. Secara fisik antena ini bisa bekerja pada 2 band yaitu di 15 m dan 80m.
    Pada pipa PVC ukuran diameternya adalah ukuran dalam, sehingga diameter luarnya sekitar 2cm.
    Beberapa kali saya mencoba system antena ini, pada 15 m bandwith (kelebaran frequencynya) bisa 300 kHz, tapi pada 80 m hanya 40 kHz , yaitu SWR 1,1 pada 3,720 dan sudah 1,8 pada 3,700 dan 3,740.
    Sekian komentar saya mas Nanang.

    • Terima kasih mas Adi atas komentarnya. Komentar anda sangat berguna bagi rekan-rekan yang bereksperiment antena jenis ini. Lha wong namanya dibonsai, ya pasti ada kelemahannya….nah itulah seninya. Ok

  4. saya udah lama gak pake 80m.waktu itu masih smp .sekarang pengin nostalgia ,rencana mau main lagi di 80m tercinta..apa masih rame kah 80m..?
    saya nyalain YAESU FT 80C tapi koq sepi ..apa emang rusak.. tolong kasih info..nuwun..MINAL AIDIN WAL FAIZIN…gitu pak Nanang ….ganti…..

    • Selamat Hari Raya Pak Pri…mohon maaf lahir batin. Rekan 80m masih ada koq. Jika yang AM biasanya pagi hari sekitar 07.00 WIB pada frekw. bawah sedang yang LSB, tidak melihat jam mesti ada. Pak Pri anda tinggal dimana? koq tidak bisa mendengar rekan-rekan….salam untuk keluarga.

  5. pake balun gak trus yang berapa ballunnya salam tuk semua
    dari CIANJUR 73-88 TRIMS YA BRO BRAVO ORARI

  6. salam buat teman2 artikel yang sangat menarik bagi pecinta brik2 kan di 80 m band yang tinggal di komplek perumahan seperti saya yang notabene lahannya terbatas BRAVO ORARI
    salam dari cianjur -jawa barat .

  7. Pak, feedernya pakai apa ya? 300 ohm atau coaxial? berapa panjangnya? thx

  8. ass… makasih ya mas…? artikelnya sgt baik. saya ingin kalo bisa tlong dikirim ke email saya.

  9. PAKE AJA BAZOKA,N DELTA LUP DI JAMIN ANTI SEPLETER AND PANCARANYA PENUH

  10. Sudah sangat sering saya mengunjungi Blog ini…sebagai Obat rindu pada AM 80M…1986..Bermula dari TRD313 di lokalan Bukittinggi pake longwire….beranjak ke Inverted feeder TV bdan langsung bisa kontact sama rekan Pakanbaru..wooowww senangnya. Disanalah mulainya pertemanan dan persaudaraan. Dengan terbentuknya perkumpulan HomeBrew Bukitiinggi yang menggunakan
    callsign Tannggo dibelakang. dapatlah saya jatah 49T. Dilanjutkan dengan saling berkunjung ke Home station kawan kawan di Sumbar dan Pekan Baru…Aaaaahhhh memang nostalgia yang tidak terlupakan…..
    Bermodal komponen bekas dari kawan yang dikunjungi dapatlah saya TX 6L6,807…sempat mengudara 5thn di lokal, akhirnya tuntunan hidup membuat saya harus hijrah ke Batam….di Batam pun sempat naik antena 1995-2002…
    Dan sempat pula naik RS1007..Sampai sekarang masih tersimpan di gudang…Salam buat semua Kawan 80M band dimana saja berada….Macho2 Palembang, Pak Yan 010 Sabang…Semua Rkn Pekan Baru..Bang Saipul di Utan Kayu yang sempat saya kunjungi 2x …dan semua rekan80 yang tercinta…..Saya berharap sekali keinginan untuk mengudara terwujut kembali…
    Kalaulah tiang Pipa Besi di belakang rumah tidak dicuri Pemulung…mungkin sudah mengudara lagi….

    Mas Nanang..terimkaish atas wadah yang sudah disediakan…Salam kenal saya untuk anda…
    Mamat – Batam

    • Ok Bos Mamat…..Saya salut pada semangat anda….saya masih aktif di AM (pakai 813) dan di LSB di 3,770.
      Kalaupun tiang besi sudah dibawa pemulung, kan masih banyak bambu (mungkin bekasnya umbul-umbul) bisa juga kok, tidak ada yang tahu aja. Saya tunggu di dunia homebrew

    • yaa selamatlah kang mamat saya juga kangen kok ingin bernostalgia tapi apa daya lahan sempit buat bentang antena dan lagi menekan spleter sangat sulit karena tvi mudahan ada saran dari teman 2 mari kita nostalgia dam maju terus hombrew 80mb.
      trims.
      lek sasongko/den bagus-
      batam

  11. Muantaf artikelnya om mudah2an bs membantu rekan2 breaker yg ingin mengudara lagi… Trims:John Teller Utara Cirebon

  12. mhn di je3elaskan kembali cara perakitan,,,dan kerja antena trap 80 mter band.tq

  13. siaga dah bisa di 7 Mhz, perlu antena 40/80 traf wayer Nang..
    tak tunggu….

    • Pak Rahmad…. radio saya masih mbrodol……gara-gara power suply yang tegangannya mblarah….ko dah.

  14. Kalau kawat emailnya di ganti pipa aluminium bagaimana y?

  15. bisa jadi rotary dipole mas agung.

  16. yg pernah sy coba di feed point nya pake L harfin. klo yg ini pake ngga

  17. apa ya L harfin itu mas ratno?saya kok blom mudeng.maaf pemula

  18. boss yg ini klo dipake balap manjur,..pa ga niech,…..

  19. manjur kang tapi paling belakang pas spasi.butuh daya besar tp loadingya kuat ga?

    • Ya, antena ini bukan untuk jurusan iwak-iwak. Karena bentuknya dibonsai, yang jelas kalah dengan full size. Lha dari pada tidak bisa bentang antena…..

  20. bapak-2 perkenalkan nama udara saya ony dari lokal Magetan, taun 80-90 saya juga penggemar pemancar 80an tapi taun 95 karena tugas di sulawesi saya tidak pernah lagi menggunakan perangkat 80 meteran tapi akir-2 ini ada suatu kerinduan untuk mengenang serta menggunakan pemancar 80meteran, ada pertanyaan buat bapak-2 apakan freq 3.5-3.9MHz ato jalur 80meteran masih ramai…?

    • Pak Heri di Sulawesi…
      80m tidak pernah sepi, masih ramai terutama pada AM frekwensi 4,…. MHz.
      Terima kasih sudah berkunjung di situs saya.

  21. bang gimana saya bisa dapetin komponen untuk merakit kembali pemancar tabung dengan spek ocilator 6v6 buffer 6L6 dan final 807 2 buah serta kompenen pendukung lainnya, rasanya udah rindu banget dan waktu luang udah banyak, terima kasih saya tunggu infonya

  22. untuk rekan-rekan yang mungkin masih ada stok untuk komponen pembuat pemancar tabung ( 6V6, 6L6 dan 807 2 buah, varco besi dll) untuk 80 m band mohon bantuannya, rinduku teramat berat untuk dapat bergabung kembali pada komunitas 80 m, perlu diketahui pada sekitar th 1985 an diriku punya nama panggilan YD2BWO

  23. Mana skema kombiner irek 8 biji yang seperti punya pa Widi gresik

  24. Bp Nanang
    Diatas kanan kok ada foto dengan nama P ALi, siapa tu.. Kalo Ali YC3MVA ponorogo la dia tu ganteng lho…..

    • Yang foto di cover itu Bp Sofyan Ali yang biasa dipanggil pak dhe Ali dari Grobogan Jawa Tengah

  25. Pengen cepet pulang kampung nih, ngrakit 80m.
    dijakarta susah antenanya, Om nanang kalo dari pacitan nyampe gak pemancrnya ke tempat om,aku pake tr d313 & 1162. mau pake yg 1030 susah carinya.

Tinggalkan Balasan

