GULUNG TRANSFORMATOR (TRAFO)


Pemancar yang menggunakan tabung, pasti memerlukan tegangan tinggi. Sedangkan transformator (trafo) yang ada dipasaran umumnya tegangannya rendah ampernya tinggi. Yang kita butuhkan trafo tegangan tinggi ampernya rendah.
Kita mencoba menggulung trafo dengan menggunakan rumus sbb:
Lilitan/Volt (N/V) = Frekwensi Listrik : Luas Penampang Koker.

Contoh :
Gambar Penampang Koker dan lamel Kern.
lamel
rumus trafo
Ukuran penampang koker 5×7 cm = 35 Cm2.
Frekwensi listrik 50 – 60 Hz, kita gunakan yang 55 Hz. Jadi jumlah lilitan per Volt dengan luas koker seperti diatas adalah :
55/35 = 1.57 lilit/Volt.
Jumlah lilitan Primer (220Volt) = 220×1.57 = 345.4 = 346 lilit.
Sedangkan untuk jumlah lilitan Sekunder caranya sama seperti pada lilitan primer, yaitu tegangan yang dibutuhkan x 1.57.
Sedangkan ukuran diameter kawat disesuaikan dengan kuat arus yang diperlukan,agar daya listrik yang diserap oleh trafo dapat diperkirakan, juga tebal ruang diantara lamel-lamel trafo.
Luas penampang kawat = 0.7 x Akar dari kuat arus
Silahkan tinggalkan komentar….

About these ads

39 Tanggapan

  1. met siang om Nanang,
    mo nanya sedikit untuk rumus ngitung gulungan trafo ini,
    di artikel ini kok ada ketidaksesuaian antara rumus yang dipakai dengan contoh hitungan, pada rumus ditulis “Frekwensi Listrik : Luas Penampang Koker” tetapi pada contoh hitungan di bawahnya justru dibalik “Luas Penampang : Koker Frekwensi Listrik” sebenarnya mana yang dipakai, kalo sesuai dengan rumus maka hitungannya akan menjadi 55/35 = 1.5 lilit/volt maka jumlah lilitan primer 220 x 1.5 = 330lilit, mohon informasinya mana yang benar, 73.

  2. Sory, ya… yang benar yaitu frekwensi listrik dibagi luas penampang koker. Makasih koreksinya.

  3. Terima kasih. Saya sepakat bahwa Jumlah lilitan adalah Frekwency Listrik dibagi Luas penampang. Di Indonesia frekwency listriknya 50 Hz, cuma untuk mengatasi arus edi yang berlebihan lebih baik pakai 55Hz supaya tidak cepat panas.
    By ODIK (Radio OBB) Tegal Jawa tengah

  4. mas saya masih awam ni tentang bikin pemancar

    kalo ingin membuat lilitan untuk pemancar dan penerima AM itu berapa henry ya mas?

    lalu apa mesti sama lilitan antara di pemancar dan di penerima?

  5. teman teman yang baik hati….. saya lagi butuh tarfo 3 amp dengan tegangan 5000 ada yang punya dan berkenan untuk dilepas, matur nuwun

    • Mas Anum, trafo 3 A dengan tegangan 5 000 Volt, itu luar biasa besar dan beratnya. Memangnya untuk apa trafo dengan ampere yang sebesar itu? Listriknya juga perlu 15 KWatt.

    • saya ada.
      silakan hubungi no telpon saya
      02747853066, JOKO

  6. halo om…om… yang hobi ngoprek, saya mau tanya jika HV untuk lampu 3 x 813 butuh trafo brapa ampere ya?

    salam.
    abenks

  7. lampu 813, kalau tegangan trafo 2500 volt, arusnya 1 ampere saja kita sudah butuh daya listrik PLN minimum 3.500 VA. biasanya nilainya dibawah 1 ampere.

  8. HLO MET PG,SY MAU TNYA NE BGAI MNA CRANYA BIKIN OT 426 TOLONG KSH TAU BY 081352729712 fi3rust@yahoo.co.id

  9. hi , kawan2.
    apakah ada yg tahu dimana bisa gulung trafo flyback
    untuk mesin osiloscope merk marconi 2955b

    terima kasih sebelumnya

    tulus

  10. bos dicantumkan rumus diameter kawat supaya kalau gulung kawat tidak kurang dan tidak ledih,jadi besarnya arus primer dan skunder sesuai dengan diameter kawat atau sebaliknya.sorry bos terus maju pantang mundur…..

  11. Halo teman2,ada yang bisa gulung trafo step up ukuran kecil 12 v ke 500 v menggunakan feedback…thanks….

  12. maaf mas mau nanya apakah rumus ini juga berlaku kalau kita mau gulung trafo dgn frekuensi tinggi misal 1 khz, makasih

  13. Bagaimana cara melilit trafo 25 KVA 3 phasa 20 KV mas yang dipakai PLN untuk konsumen

    • Waduh….P. Zaidir rumus diatas adalah rumus “goblok-goblokan” yang hanya untuk VA kecil, kalau yang anda butuhkan kan trafo berdaya besar dengan transformasi bintang – delta atau delta – bintang.
      Mohon maaf saya tidak tahu pak.

  14. Salam kenal Mas Nanang…
    Kalo Teori itungan untuk Trafo OT atau Modulasi gimana mas…?

    • Lha kalau yang urusan seperti ini, coba lihat di

      http://am80mkabul.wordpress.com

      • oh.. disana yg saya temukan langsung praktek untuk OT/TM Mosfet..
        yg saya ingin tau gimana kiranya hitungan kalo OT untuk Transistor jenis lain atau untuk tabung, misalnya OT untuk 807, 813, 6146…
        Demikian Pak Guru sekiranya berkenan membantu…Tks..

  15. Mungkin ini yang dimaksud :

    N/V= (√2 x 10^8) / (2 π f B A)

    N/V = lilitan per volt
    f = 1 KHz
    B = 9000 Tesla (inti besi)
    A = Luas penampang koker (Cm^2)

    Z1 = (N1)^2 / (N2)^2
    N1 = jumlah lilitan primer
    N2 = jumlah lilitan sekunder
    Z1 = Impedansi primer

  16. bang mau tanya nih.
    kalo untuk ukuran trafo 20A tegangan keluarnya 65V trus kawat yg di gunakannya primer ama sekundernya ukuran berapa diameter kawatnya Bang?

  17. Saya ada trafo 5×7
    bekas stroom aki. Saya buat out nya sampe 700v aja.
    In pake kawat 0,5mm
    Itu pake kawat 0,3mm

  18. lam kenal semua rean2 80m ben .ms nanang saya punya banyak lapu yang kecil sape yg besar seperti 813 dan trafo tegangan tinggi juga ada permasaalahanya mau bikin pemancar naun sekemanya ga ada tolong di gambarkan trim.untuk rekan yang butuh lampu silahkan hubungi email\di087737744788…Reno kebumen

  19. Sebenarnya ada tabel tersendiri tentang diameter kawat dan kemampuan mengalirkan arus.
    Luas Penampang kawat = √kuat arus x 0,7
    = 2,21 mm

  20. asslmkm masNanang dan semua kawan yang pinter2 dan baik hati…”

    saya pingin buat trafo las listrik DC dari tenaga aki, jika sekarang saya punya aki mobil 12v/80A sebanyak 3 buah kemudian saya susun seri sehingga sya dapatkan tegangan 36v/80A…
    dan saya mau membuat trafo dengan input 36v/80A tersebut dan output dari lillitan sekundernya sekitar 30V/96A, dan kemudian yang mau saya tanyakan ;
    a). jika saya menggunakan keren jenis mono/ keren tunggal maka
    berapakah besar keren yang harus saya gunakan baik panjang,
    lebar maupun tinggi keren tersebut…?
    b). berapakah jumlah lilitan primer dan sekundernya..??
    c). berapa mm kah besar lilitan yang harus digunakan untuk bagian
    primer dan sekunder…???
    d). kemudian bagai mana cara menyusun/ menggulung kawat pada
    keren yang benar.
    1). untuk susunan yangbenar apakah gulungan primer harus
    ditindih sama gulungan sekunder, ataukah gulungan primer
    dan gulungan sekunder di susun sendiri2 (‘P’ di keren bagian
    bawah dan ‘S’ di gulung di keren bagian atas)…….????
    2). bagaimanakah konfigurasi arah lilitan yang benar baik primer
    maupun sekunder………????

    besar harapan saya untuk mendapatkan jawaban dari mas Nanang atau kawan2 smuanya. tks

    • Pak Ari, terima kasih atas kunjungannya..
      Dengan memperhatikan cerita anda, saya tidak bisa membayangkan seberapa besarnya kern dan diameter kawat yang digunakan (96 Ampere).
      Daya listrik yang dibutuhkan = 30 x 96 = 2880 VA
      Kemudian sumbernya sudah DC, kan tinggal langsung dipakai, tidak perlu diubah ke bentuk AC.
      Silahkan teman-teman yang lain…..

  21. dear pak nanang
    y sbenarnya dari aki langsung di pakai ngelas juga bisa namun bla dipakai trus2an maka aki akan muadah soak…..

    • salam kenal.mas nanang.
      salam kenal dari saya weka

      mau tannya om.
      untuk mencari luas inti curren .jika diketahui tegangan skunder max 32 volt. dan arus sekunder 3 ampere

      • P Output = 32 x 3
        = 96 Watt
        Q eff = 96 x 0,8 = 76,8
        = Akar 76,8 x 1,25
        = 10,96 cm2

        Luas kern 10,96 cm2, sekarang tergantung lebarnya lamel E yang tersedia (dari kern yang ada)

  22. gimana cara melilit travo hv di atas 1000v mas ??? sedangkan email di pasaran jika di aliri teg di atas 1000v tegangan udah pada loncat2..

    • Caranya sama seperti melilit travo seperti biasa. Yang penting antar lapis diberi penyekat (kertas travo atau mika) untuk menghindari loncatan bunga api. Kalau kita nggulungnya bener, sampai tegangan 2500V, masih aman-aman saja.

  23. assalamu’alaikum apa dirojerrrrrr salam kenal 11 papa dari tebing tinggi sumatra utara coba2 join apa di copy paste ganti2

  24. hari gini pake tube saya kata wow sugeh tenan lha wong koyo aku bayar pln mengap2.ada yang jual allband murah ga murahan ga ya saya dari tebing tinggi nunggu giliran.klau ada yang jual di daerah tebing tinggi aja mana tau ada yang nganggur ga kepake lagi soalnya aq dah rindu banget ga kontek2

  25. nang yok opo kabare aku cakpur pandaan

  26. pak nanang … tlng bisa mnta skema inverter dc 12v ke ac 220v,, sy pakai trafo step down dibalik pak…. makasih slm kenal

  27. pk nanang
    saya penggemar lama 80 m band skarang sudah turun
    nama saya ali ali boyolali dahulu
    saya senang skedar membaca tulisan teman2
    salam buat seluruh rekan 80 m se indonesia tanpa terkecuali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 111 pengikut lainnya.