SKEMA TRANSISTOR

Ini gambar kiriman dari Bpk. Agus di Babad-Lamongan. Terimakasih ya boss.

Agus Babad-Lamongan (Pak-e Bimo)
1. Oscilator Sederhana.
osc1

2. Skema ini kiriman dari Mas Dimas Yogyakarta. (Juragan IRF 250 )
http://i987.photobucket.com/albums/ae359/anangsantoso/SKEMA/2166_zps7650fb49.gif

Photobucket
download disini AF>
stab
download stab

stab1000download stab1000

driv
download driver
BPF
download BPF
IF

download IF
stab1
MIX

download MIXER
MOD

download MOD
PREAMP
download PREAMP
prerf

download PRE RF
VFO

download VFO
FINAL
download FINAL

3. SKEMA COMBINER
Ini kiriman dari Bp. Juhar (YC3TKM) Gresik
skema
pcb
layout
data IRFP 250 “Klik disini”

Pemancar AM
2166
pushpull

Pemancar AM Klas E
Satu langkah maju bagi perkembangan pemancar AM yang menggunakan Oscilator DDS (Direct Digital Synthesizer) dengan kestabilan tinggi, juga dimodulir dengan sistem PDM (Pulse Duration Modulation) yang orang menyebutnya dengan klas E.

Osc DDS
dds1
Untuk dowload klik disini

Modulator
modulator
untuk dowload klik disini

Linier Power Amplifier
power ampli
untuk download klik disini

246 Tanggapan

  1. terimaksih

  2. Slam kenal mas dari wong serang,Untuk skema pemancar SSB di atas melihatnya aja udah pusing apalagi kalau bikin ya .Mas kalau ada tolong kirim ke emaile saya skema pemancar biasa yang pake transistor untuk 80 meter band yang udah di modif karena saya punyanya yang biasa,terima kasih.

  3. Pah Dhe, ada skema power supply 2000volt/ 1 Ampere ? cari trafo step up dimana ya om ? atau kalo ada tempat mesen kira2 dimana ya ? saya ada di pasuruan

    makasih

    • Kalau kern ukuran besar, bisa cari bekasnya seterk/stroom accu, atau stavolt jaman dulu yang biasanya warna merah, tetapi intinya berupa Toroida. Tidak jadi masalah….yang penting ada dulu…

    • Mas Hemmy sy punya kern bekas strom accu dg ukuran 15,5 cm X 13 cm x 6 cm berat +- 7 kg. kalo mau dinganti silahkan
      saya ada di solo

  4. Rek ada yang bisa membantu “membuatkan” transceiver SSB 80m tidak ya, saya membutuhkan nih, mau merakit sendiri belum pengalaman, bisanya cumak merakit AM. silahkan email ke jaka.triyana@gmail.com

  5. mas sampean koq pinter banget bikin skema sing mremet aku lihat aja jadi mumet . apa skema yang sampean buat sudah di coba ? hasilnya?

    • Wak Yanto, itu skema kiriman dari Pak Dimas radio Yoshima Yogja. Yang dipakai pak Dimas ya ini skemanya, ingin tahu lebih jauh…kirim aja komentar disini, nanti akan dijawab langsung oleh pak Dimas….Salam untuk Pak Yayan dan yang lain…..

  6. Wah… ini to skema radio yoshima dr jogja yg cukup menggemparkan…..saya jadi pengen mencoba ah….
    Tapi saya masih pemula, gimana kalo skema yg ada di sertai layout PCB, sehingga pemula seperti saya bisa juga mengikuti sepak terjang, yoshima…yoshima…yoshima…
    terima kasih

    • allo pak nanooo,…….ya betullllllllll schema dari YOSHIMA,………bagus khan????
      mantap abisssss,…….

  7. Iyo, pak dimas udah berhasil bikin pesawat dengan kwalitas jepang saya jadi kepingin berguru ke pak dimas. gimana, mau tidak pak jd guru saya…? Trims

  8. Salam kenal Semua, maaf apa bisa dipesan pemancar AM sederhana untuk siaran lokal dengan daya 100 watt. Terima kasih, Edi – 0811382149.

  9. wah sayang belum dibuat untuk layoutnya pak nano..
    nanti klo ada kesempatan mau di buat layout PCBnya…biar teman2 homebrew semakin rame..
    salam 73….

  10. Gimana Pak Dimas, anda diangkat jadi suhu oleh rekan-rekan…..Setuju!

  11. Klo suhu jangan, kan masih banyak yg lebih menguasai, klo sharing penglaman monggo kita sama2 masih belajar pak untuk meningkatkan kwalitas homebrew indonesia….

  12. waduh kok ame ya keinggalan aq kl ada layout aq jg mau dikirimi lk dimas kirim ke e-mail ku ya

  13. ndelok skemane wes mumet di pretel2 ga ruh le nyambung, trs kok ono ic PIC kui le mrogram kepiye? men iso moco nang LCd~ne?

    • Anda ingin belajar Mikrokontroler PIC 16F84 tunggu tanggal mainnya, listing program akan dikirim oleh Suhu Pak Dimas .

  14. Pak Dimas kalau saya suruh mempelari sekema lagi mungkin sy lebih mumet lg, mendingan sampean krmi sy yg udh jd, dadine aku ora mumet…. soale arep tak gawe nggebloki MEMET Pacitan pak Dimas

  15. Pak dimas, mana layout PCBnya.? ktny mau di bikin,sama listing programnya IC16f84 rekan2 pada nunggu lho..?

  16. pak dimas, mana balonnya awas kalau di kasih ama yang lain entar tak tenung burahi…..lho…ha.ha…n saya setuju dimas jadikan SUHU seperti usula cak nanang..ok

  17. Salam kenal … mantab, keep in homebrewing !

  18. mas Dimas gimana skemanya

  19. om Dimas gimana dengan skemanya

  20. pemancar bagus memang ruwet.klo pengin yg ga ruwet cb ke link ini:py2ohh.w2c.com.disini ada trx ssb pakai icta7358 yg mudah dicari dgn nm trxny ARARINHA5.smg bermanfaat.slm kenal utk semuanya.73

  21. Pak dimas,mrogram ic pic caranya gimana?

  22. Saya sudah baca buku Kupas Tuntas Mikrokontroler PIC16F84 karangan Husanto lengkap dengan Software MPLAB IDE 7,01, tapi akhirnya mumet. Yang jelas kalau ingin mrogram PIC, harus buat downloadernya dahulu, untuk memberi tegangan, kaki input, dll. Terus diisi program lewat bahasa Asembly, gitu kira-kira…… Apa betul P.Dimas ?

  23. waaaaaahhhh jadi pisiiing

  24. wah pusiing……………..

  25. Salam kenal mas Nanang, skemanya mengingatkan saya waktu sering main2 sama pemancar 80 meter buatan sendiri. Skarang sih sdh agak jarang experimen lagi, tp klo ada waktu saya juga mo ngerakit lagi. BTW komunitas di udara nya msh banyak ga yach mas?? maklum hobby pemancar gini skarang udah jarang banget..
    Thanks buat skemanya mas..

    Benny

    http://audiobbm.wordpress.com

  26. Buat teman2 yg tertarik ke PIC 16F84 , memang agak susah, tetapi klo ada kemuan saya yakin berhasil..
    jadi PIC tsb membutuhkan Down loader semacam alat untuk interfice ke PC. sedang sw yang di butuhkan sudah berbentuk HEXSA…. sedangkan MPLAB adalah sebuah software yg bisa merubah dr assembly ke hexsa. karena dasar pembuatan programnya adalah assembly…..
    mungkin ini dulu yg bisa sy sampaikan salam 73…

  27. buat pak kopling balunnya sudah jadi tinggal ambil aja ,supaya ant FD, bisa dinaikan…..
    salam yoshima…..

  28. pak agus ini teman2 sudah mulai gambar PCBnya
    nanti klo sdh berhasil di rakit akan diperbanyak biar tambah rame 3770…salam yoshima..

  29. Buat Teman2 yang pingin lihat foto acara di solo bisa di lihat di http://www.flickr.com/photos/para_kucing_garong
    silakan dilihat jagoan2 di 3.770…

  30. Pak Dimas, iki skema apa…? jangan-jangan iki skema pemicu Bom, hati-hati bos….! jangan buat aneh-aneh. Buat skema itu mbok ya lampu flip-flop atau alarm, jangan bikin beginian…! Bahaya lho…. nanti anda jadi DPO lho..!

  31. Photomu koyo Direktur Pabrik Homebrew …
    Ayo mangkat Tong……….

  32. mangkat kemana pak kempling, lah wong pak sarmento di ajak mangkat ra tau gelem…….

  33. p dimas direktur LG daerah jogja mana komen anda

  34. Salam jumpa rekan2 semuanya………..
    Saya sebenarnya pengin skema TX AM transistor untuk 80 meter khususnya yang pakai mosfet 2sk2038 dsb, barangkali ada yg bisa bantu ?
    Tengkyu sebelumnya.

  35. yang mo belajar pic silakan lho gabung ke milis pic dengan cara kirim email kosong ke belajar-pic-subscribe@yahoogroups.com, nanti bisa nanya2 di sana, dan kalo mo bikin downloadernya yang murah meriah (pake serial port di pc), ada juga skema lengkap, selain itu juga ada skema lc-meter pake pic

    Smoga bermanfaat n keep experiment :)

    73 de yc3tkm

  36. saya mendapat warisan ilmu menggulung trafo untuk pemancar( 2000 -3000 volt ) dari ex yc2bv, apabila ada yang perlu bantuan saya bersedia untuk membantu,,,

  37. Salam Kenal,

    Mas dulu waktu di Palembang saya sempat nimbrung sama temen yang punya pemancar tabung dan transistor. Dan juga saya pernah meralit pemancar transistor 80 m AM. Untuk lokalan Palembang Selatan, halo-halo saya bisa di dengar, lewat situ ya hilang. Saya jadi anak bawang saja waktu itu.
    Tapi sekarang kok jaman telekomunikasi sudah canggih masih ada Pencinta Pemancar ini… Kalau Mas tidak keberatan tolong kirim skema pemancar transistor / FEt. Barangkali bisa saya rakit. Terimakasih Atas responnya.

    • mohon juga dikirim sekema pemancar transistor FEt .final nya tr apa yng cocok Tq

    • heheheheehe….palembang selatannya dimana om???? Saya juga dulu ngebrik juga di 80 m…..antenanya saya taruh di atas pohon kelapa….

  38. Slm knl dari Solo,mas minta skema SSB 80 meter tapi yang transistor n klu ad PCB nya/klu ad yg jual PCB SSB tolong saya d kasih tahu, terima kasih

    • Skemanya ada diatas itu,mas Agung, tapi PCBnya tidak ada. Silahkan dibuat layout sendiri. Selamat njlimeti gambar. ha..ha..

  39. hallo pak nanang…. dari Medan lagi neeh..
    skema blok final diatas yg menggunakan IRF840 itu, berapa watt biasanya bisa keluar,jika di experimenkan oleh teman2 di Jawa sono..??

    • Mas Luffy, kalau tanya berapa watt, tidak perlu kawatir, ini sudah dibuktikan oleh P. Dimas Yogya, yang biasa digunakan yoshima…yoshima…..yoshima…..cukup…..

      • percoyo wes lek mas nanang soale mba e radio tp skr udah zaman modern,, hp plsnya murah puollll drpd byr listrik. kwkwkwkw

        • Selamat datang di dunia homebrew. Apa betul ini Kiky dari Besuki itu?

        • pa nanang tolong kirimin email cara membuat trafo OT 426, saya lagi butuh nih atau kalo punya saya beli deh…he he he. Udah kebelet mau mengudara..

        • Untuk modulator menggunakan transistor. Ukuran kern kira-kira 5A, diameter kawat baik primer maupun sekunder sama yaitu 0,8mm. Jumlah lilitan primer yang ke pemancar 90 lilitan dan yang ke audio amp. 80 lilit. Agar mudah untuk mencocokkan impedansi pemancar dan audio, hendaknya masing-masing gulungan(primer dan sekunder) supaya di tap.

        • Trima kasih informasinya….trus amp yang bagus untuk pemancar transistor yang di jual di pasaran type namanya apa?

    • mas luffi di medan di mana ya ? apa mas punya 80 meter rakitan ya. kalo boleh saya pengen liat ni.saya juga org medan

      • hallo mas paisal… salam kenal saya di kab.Serdang bedagai, tepatnya di Perbaungan.. yg biasanya di panggil 032 Sungai Ular, n saya masih aktif di AM .perangkat 80m
        rakitan ad.. saya menggunakan transistor A1943 di final.. n yg tabung pke 813 gitu loh mass..

  40. mas nanang minta skema penerima SSB 80 meter lupa kemarin harus buat penerima dlu baru pemancar,itu d skema pemancar itu ap impedansi input sama outputnya udh sama saya liat skemanya ganbarnya putus2 setiap blok skema

  41. Pak lutffy itu schema aslinya memang menggunakan irf 840, tapi sudah ganti dengan irfp 250 atau yang lain lumayan bisa keluar 150W…atau klo anda punya mosfet yg juga bisa di pasang nanti tinggal seting pada teg bias di sesuakan dgn data mosfet tsb.

    • mas dimas… saya pingin sekali nyoba’ rangkaian final itu… tpi saya gak ngerti lilitan nya gmna..? soalnya saya cma pernah experimen transistor biasa..
      bsa gak mas dimas kasi tau lilitan nya.. atau t nya..?
      terima kasihh…

  42. Halo Pak Nanang apa kabar?
    Bila ada info radio bekas yang model lama, buatan Jepang, radio SSB transistor dengan final tabung yg bisa keluar 100 – 1000 watt beritahu saya ya… saya berminat untuk bernostalgia lagi…… Juga buat rekan2 yg lain mungkin ada info, dibantu ya….

  43. Buat mas Lutfy untuk lilitannya sudah ada keterangannya di bawah skema tsb. salah satu contoh 10T bifelar berati 10 lilitan dua kawat di gulung bersamaan pada toroid , untuk kawatnya klo diskema menggunakan 24SWG. itu saya gunakan kawat o.2mm. semakin kecil nilai SWG nya semakin besar kawatnya… silakan mencoba semoga berhasil.

    • occe deh.. mas dimas.. matur thank you,, akan saya coba .. kalo propakasi lgi bagus sering2 dong maen ke Medan.. kami di AM freq 3,650mhz-3,700mhz….
      mungkin kami bisa dengar Radio Yoshima.. dan temen2 yg lain he..he…heee..

      • hai,luff,,,aku pengin tahu rangk yang anda gunakan yg pake final A1943 itu,tr yang anda gunakan untuk osc buffer driver type apa aja,dan masing2 Rfc untuk C kopling nilainya berapa aja,mohon di jelaskan trima kasih ..from bekasi

      • mas catur.. salam knal ya..
        utuk tx yg saya gunakan semuanya menggunakan tr type PNP.
        menggunakan 4tingkat saja.. osc pke sistem kolfit..tr osc 2SA495, tr buff TIP32c, tr driv 2SA1941, tr Final 2SA1943..
        semuanya d kasi tegangan 30V. kecuali osc,di stabil kan dgn tr BD140. dgn input 30v jga, d ganjal resitor 180ohm/5watt.
        hingga output BD140 tdi tegangannya tinggal 15V..
        rfc osc 100ma.. sdangkan buffer digulung pda ferit radio 50lilitan,email 0,6mm.. dan driver menggunakan loding coil pipa 1/2” , untuk primer 12L,email 0,6mm , skunder 8L,email 1mm.. copling yg dari osc ke buff pke 560pf. buff ke driv 1n, driv ke final 10n/400v diparel dgn R,1K/5watt..
        final ke Loding Coil 100n/400v. gtu saja dulu mass catur.. kalau ada yg kurang jelas boleh ditanya kan lgi koq…
        and klo mass catur gg keberatan, mas catur pke pemancar yg bagai mana. kalau sistem yang pakai IRF saya mau tuh belajar ama mas catur… soal nya rekan2 dri jawa yg menggunakan IRF itu banter2 sekali saya dengar di Medan.. Thnx.

      • aku pernah denger penthung2 di 3770 gede banget di dengarkan di selagor malaysia.padahal aku nerimanya cuma pakai radio nasional aja

  44. saya berencana membuat pemancar transistor 80 meter tapi saya kesulitan mencari trafo OT 426 ada yang tau ga bisa menemukan di mana membelinya..di Glodok tahun 1998 masih ada tapi sekarang sudah tidak ada yang jual..mohon infonya kalo ada yang tahu..

    • Sdr Aminudin, silahkan dibuka pada e-mail anda, data cara sudah saya kirim ke e-mail anda. Selamat mencoba…

      • Thank ya pa nanang…..salam kenal di dunia maya, saya akan mempelajarinya, dan kalo ada kesulitan saya tanya lagi…terimah kasih banyak

  45. Pak nanang maaf …email yang di kirim tidak bisa di buka mohon bantuannya untuk mengirim email yang sama….

  46. ok pak lutfi klo di 3700 saya masih bisa krn OSC saya hanya saya set 200Khz jadi 3700 to 3900. biasanya saya mangkal di 3750 to 3780…krn ant saya 1:1 di 3 freq tsb….

  47. Goreng,..goreng,…goreng garudane digoreng. piye kang dimas Rf amplifier yang 400watt skemanya tlng di upload

  48. kalo nonton skema itu koq mripatku kunang-kunang…..koyo bar dipenthungi….yen terima jadi kiro-kiro ono ra yo ?gelem ra yo bos dimas produksi massal …..kan weri gud…weri welll….ben yaesu, icom, kenwood bangkrut !

  49. Trima kasih informasinya….trus amp yang bagus untuk pemancar transistor yang di jual di pasaran type namanya apa?

  50. hehehe garudanya nggak bisa di goreng karena garudanya dibawah yoshima, klo mau goreng compornya harus nyala ya…dan klo belum punya kompor jgn ikut goreng2 nanti radionya bisa mbledoss…qeqeqeqe.

  51. To Om Nanang

    Melihat Skema SSB di atas, itu adalah Karya EI9GQ ysng di tulis di http://homepage.eircom.net/~ei9gq/rig.html. Dari rangkaian tersebut di atas, aku hanya pernah mengambil rangkaian Freqwensi Display Meternya saya (Gambar Paling Atas). Hasilnya cukup bagus dan Fleksibel. dan kemudian saya tulis di forum http://www.orari-kediri.com. Dan untuk skema SSB nya aku belum pernah mencobanya. Yang pernah aku coba adalah SSB dengan CF455 seperti yang ditulis dalam blog Mr. Lutfi (YB3LSB).

    Majoe Teroes Homebrower indonesia….. keep experiment.

    Putut Widodo-Kediri
    YD3DKP

  52. Buat Cak Nanang dan rekan-rekan.
    Salam jumpa di dunia maya. Saya sedang mencari radio second Yaesu 101, bila ada yang mempunyai informasi kirim ke email saya foto dan harga yang diminta.
    didik.suntoro@yahoo.com

  53. Buat rekan-rekan yang dusah terlanjur pesan barang/ pemancar/perangkat lainnya ke ABIEM BATAM, ternyata abiem ini seorang penipu, sudah banyak korbannya . Dapat dilihat pada alamat ini

    http://profile.friendster.com/32776547

    Untuk web ini nama Abiem Batam atau Adien Batam sudah saya blokir.
    Terimakasih
    Nanang Bondowoso

  54. mau tanya,,, knapa osc ketika ngebeat signal side band nya pas.. tpi koq di transmit lari freq nya ya?? maka nya pmcr tabung ku koq gk bisa ngepas kalo menzerobeat kan ssb.
    mohon bantuan nya mungkin rekan2 punya solusinya..
    terimakasih….

    • Untuk mas Luffy Medan, coba “kopling C” nilainya diperkecil. Jika anda pakai tabung, usahakan tegangan G2 dan Plate dari masing-masing tingkat lebih stabil, terutama pada oscilatornya, jika perlu tambahkan lampu VR90 untuk teg 90 Volt, atau VR150 untuk tegangan 150 Volt.

    • Berarti oscillator anda belum stabil alias lari-lari kalo udah masuk ke buffer ato final…..kuncinya kalo osc dan buffer oke, ke driver ato final juga ok

  55. pak nanang,…bagaimana cara membuat RFC 2,5mh 300ma.Di pasaran yang di jual hanya yang ukuran 2,5mh 500ma..Apakah kalau di pakai yang 500ma mempengaruhi kwalitas sinyal pemancar….padahal sesuai skema yang tertera RFC dengan nilai 2,5mh 300ma.

    • Pak Aminudin, RFC yang dipakai yang ada saja, anda punya yang 500mA tidak apa-apa, itu hanya pengarug ke arus yang mengalir pada RFC. Jika lebih besar nilainya dari yang tertera malah lebih bagus…..

  56. selamat sore mas Nanang, mas Dimas Jgy. jga temen2 yg lain.. mas nanang,,, saya udah cba skema oscilator yg diatas. tpi koq gk hidup ya? pdahal kaki2 fet nya udah disamain ama gambar diatas.. dan komponen yg lain sdah sesuai dgn skema.. apa yg kurang kira2 ya?? udah puyeng ne nyebolak balik smbil nyolder tuh papan PCB..he..he..he… mohon di informasikan yaa..

  57. siang juga ms lutfy apakah anda membuat OSC VFO dengan 2 fet pda gambar di atas , klo benar coba pastikan L dan C, pastikan bahwa komponen tersebut beresonansi pada freq kerja yg dibutuhkan…terus pengukurannya menggunakan apa ?

    • sebelumnya terima kasih atas info nya.. benar saya menggunakan 2 fet di osc 2transistor di penguatnya. pengukuran menggunakan multitester digital yg ada frequensy counter dari 1Khz-10Mhz.. terbaca pda counter cma freq listrik saja ..ukuran Hz. bukan di Mhz. pdahal counter dlm keada’an baik/tidak rusak..

    • pak dimas tlg aku dikirimi skema sing gak putul2 nek putul2 sirahe mumet ,……..di email: rochima94@yahoo.co.id matur nuwun ,……..73,…..

    • Pak Dimas alamat jogjanya mana…? saya pingin belajar ngrakit 80M….. Saya diPedan,Klaten……mohon ke Email hary.ajalah77@gmail.com / 0815 798 6764 . Matur Sembah Nuwun

  58. pak nanang saya kalo amplifier modulator yg saya pake tipe ampli OCL (yg kitnya banyak di toko elektro) apakah trafo modulasinya bs tetep pake OT 426 atau perlu modifikasi ? mohon petunjuknya pak…
    thx

  59. jumpa lagi pa nanang…
    Saya sudah mencoba menggunakan RFC 500 ma, sinyal keluaran buffer, driver menjadi sangat kuat, dan Transistor finalnya kayaknya tidak kuat trus menjadi putus, saya sudah mengganti TR 2sa 671 Final 4X semuanya putus…lalu saya mencoba ganti RFC 500ma dengan 100ma..kayaknya lebih stabil dengan RFC yang 100ma trus lampu neon sudah menyala dengan terang..
    Pertanyaannya apakah pemancar saya nantinya bekerja dengan normal atau malah sebaliknya?
    Trima kasih Atas informasinya…

  60. edan edan edan he he he msaih bs terdengarkah radio nggruk

  61. hallo pak nanang, juga rekan2 yg lain nya…
    mau nanya’ ..ada gak ya, yg tau info tentang Mas .Bravo Echo yang di Cirebon Selatan…?
    klo ada, boleh gak saya minta’ nmr Handphone nya..
    juga klo punya alamat email tolong coba di informasikan kmari yaa..and lebih bagus lagi klo punya sekema pemancar transisitor nya beliau.. soalnya klo nyari nya di freq agak susah.. tergantung propogasi . saya pengen tau skema transistor nya beliau, karena klo kedengaran di medan cukup oke sekali.. kmarin malam sempat ber QSO tpi terputus oleh propogasi yg kurang bagus.. thank

  62. Salam kenal semua saya dari serang Pusat (SANUSI) saya sangat setuju dengan rangkaian linier diatas pergunakan IRF 840 bagaimana kalo di combiner kan apakah sudah ada mencoba mohon infonya??,, biar bisa ikut nimbrunggg di iwakkkk…iwakkk…hee heee
    Terima kasih..

    salamm amatir

  63. pa nanang…mau tanya lagi. Oscilator saya bekerja pada Frek 2.80 Mhz mentok, kalau di geser ke 3.5 Mhz s.d 4 Mhz. lampu neon saya ga nyala.Perlu diketahui oscilator saya memakai Lilitan 0.1mm 70 lilit diameter koker 1cm, untuk kumparan loding coil 1mm 40 lilit diameter koker 5cm.Bagaimana caranya agar frekwensi saya bisa main di 3.00 – 4.00Mhz.Tanda Macthing Frekwensi pemancar apa indikasinya lampu neon menyala terang.Apa yang perlu di ubah osilator atau kumparan loading coilnya.Terima Kasih atas sarannya.

  64. boss ikut boss kacangg………….kacang.g……..kacang..g…….

  65. kalo ada skema pk dimas yang nggak potel2 kirm ke e mail ku ya sekalian layout pcbnya kalo udah ada ……………… tengkyu radio nggruyu d sini!

  66. assalamu alaikum wr..wb…. ada yg punya skema exiter dan layout pcb ga”’ tlg saya dikirimi ya,…..??? trimakasih,………

    • Kalau layout PCB itu jarang nemu, yang jelas harus dibuat sendiri…kalau dulu memang ada software yang dapat merubah dari skema menjadi PCB, tapi sekarang saya tidak tahu,

  67. Ini foto-foto combiner kang Dimas Jogja yang diambil beberapa waktu lalu.Silahkan klik alamat ini:

    http://www.flickr.com/photos/46513110@N02/sets/72157623205138460/

    Salam 73

  68. aku plo kebimen apa kabar bos

  69. dimas….. dimas….. dimas ….. jogja bagas cari cari diman

  70. om dimas knapa homebrew saya masih bocor dapat di dengerin di LSB, AM apa yang mesti diperbaiki aku pake cramik filter warna merah

    • wah.. saya udah liat combiner nya pak dimas..
      keliatan nya tuh keren.. pak dimas, pak nanang n pak rochim.
      tolong dong kirim kan saya skemanya yang pakai fet 4 batang itu.. beserta perincian lilitan nya dengan jelas.. saya udah liat beberapa skema linear rf, tpi koq seperti nya gg nyambung juga.. tolong ya pak dikirim melalui email saya : luthfyepoercebong@ymail.com .. thnx

  71. to pak dimas jogya

    klo punya layout pcb n schemanya yg udah dimodif tolong dong kirim ke rochima94@yahoo.co.id yang dari om widi ya om dimas,..

    wassalam,..

    rochim blora

  72. To: Pak Nanang n Pak Dimas

    cari kristal filter 10,7Mhz di mana ya pak ?
    n toroid yg ada di mb pc tu bisa dipake’ tubing ga pak ,buat kombinerr,…IRF,……..

    TRIMS…73..

  73. mas luffy di medan, pa kabar pak. ada nomor hpnya gak ya ? pingin maen liat pemancarnya nih. dari faisal medan 085761320789

  74. Untuk yang ingin membuat pesawat tx 80 mtr trasistor type C dan D (NPN) dan kompennya muda dicari mampir aja di blogku disitu juga ada skema plus loading coil dan varco finalnya yg dari logam plis deh diliat. Dah aku coba bangus banget.

  75. salam kenal rekan2 am homebrew. Saya butuh vaco aluminium nih. Ada yg punya gak ya ? Faisal medan . Hp 085761320789

  76. Dalam minggu ini kelihatannya Pak Dimas tidak tampil di radio, eee ternyata beliau berada di Jakarta, apa mungkin “kulakan IRF ya ? “…. Sukse untuk radio Yoshima….

  77. Foto2 kegiatan dan karya HARC Indonesia

    http://www.flickr.com/photos/46513110@N02/

    Ada facebooknya juga silahkan add pake keyword HARC Indonesia

  78. suhu Dimas…mohon petunjuknya ya, untuk tegangan suplay yang ke final apakah hanya menuju ke FET yang ke satu? Agak sedikit bingung???

    • Oh ya ada mising line pada T2 jadi untuk teg Fet2 mendapat tegangan dr T2 pada lilitan yg tidak terhubung, yang seharus menuju pada Drain di Fet 2.
      terima kasih atas koreksinya. oh ya untuk fet bisa menggunakan type lain..misal irf250.

  79. Salam kenal mas Nanang & mas Dimas,
    Saya tertarik utk merakit RF Linier Amp. yg menggunakan IRF840. Dimana saya bisa mendapatkan:
    FT-50-43 Core dan BN-43-3312 Baluncore yg utk membuat T1, T2 & T3nya, mohon pencerahan. Thanks.

    • Salam kenal juga pak wahyu unuk T1 saya mengunakan bekas balun ant TV, T2 cari toroid cincin yg sedang aja tidak terlalu kritikal lilit bipelar 10T, sedang untuk T3 saya menggunakan bekas dari monitor gedenya seukuran dgn tubing..pada pesawat built up..untuk fet bisa di gunakan type lain..klo saya menggunakan IRFP250 atau sejenisnya.

  80. Pak dimasn apa kabar…………… bisa tolong aku …………
    aku punya radio ssb UTS dengan data sbb :
    Xtal = 5.240 Mhx bekerja pada frek 6.890 Mhz : dan BFO 1.650 Mhz setelah dijumlah (VFO + BFO) mancar pada mode LSB dgn Frek 8.540 Mhz ( 6.890 +1.650 = 8.540) aku menginginkan beroperasi di 3, 720 Mhz aku sdh buat VFO 2, 070 Mhz dan pada L1 dan L2 sebagai penala sdah diganti dengan 32 lilit (dapat informasi dari mbah dongkrak) sudah dapt mendengarkan pada frek 2,720 Mhz tapi belum mancar (keluaran kecil banget) apa karena BPF blom diganti ………….? kalo diganti brapa lilit ? apakah Pak Diman dapat membantu dan BPF pada linier MRF 454 (takut MRF jebol kalo ga sesuai )apakah perlu diganti ? ….. diganti berapa lilit apakah mengikuti homebrew yang aku buat soalnya aku didak punya LC meter untuk mengetahui nilainya (mh)……………. saya tunggu kabar terima kasih salam 73….

  81. ralat ga jadi tanya
    da bisa terima dan mancar radio UTS .
    ternyata gampang banget

  82. Yth Pak Nanang
    Saya penggemar 80m band 25 tahun yg lalu di karenakan pekerjaan saya meninggalkannya.Sekarang ini saya mau istirahat dari pekerjaan saya,seandainya Pak nanang berkenan memberikan saya skema dan pbc 80m band am saya sangat berterima kasih sekali.Sudah banyak saya mendownload dari homebrew asing cuma agak bingung.Nama saya Eldy dari Bandung dan email saya dpermana_eldy@yahoo.com
    Salam 73 selalu dari saya

    regard

    Eldy

  83. wah radioku bermasalah lagi ni sapa yang bsa bantu yaaaaaaaaaaaaaaaa

  84. mas dimas tolong dong kirimin gambar skema 80 m yang detail di emailku willy.rosyid@gmail.com,sebelumnya trimakasih.

  85. Selamat beraktipitas, salam untuk teman-teman yang suka mengutakatik hoby elektro, hati-hati kena tegangan PLN 5/9 73 ceruuuuuuuuu11111111

    • Ya selamat datang di dunia homebrew / Abdurrahman (Abut-abut Muarabahan). Ni fotonya rekan-rekan dan saya, yang sering ngobrol di frek dengan anda.

  86. ass.. mas.. saya ingin skema SSB yang bapak buat ini mohon dikirimkan ke Email saya ya mas? makasih sebelumnya

  87. ass… mas.. saya sedih sekali pertanyaan saya tdk ditanggapi. apa karena saya pemula yang ingin mencoba?

  88. HARC-Indonesia mengundang anda untuk bergabung dimilist berikut :

    http://groups.yahoo.com/group/HARC-Indonesia/

    HARC Indonesia adalah komunitas belajar para anggota ORARI atau siapapun yang mempunyai minat dan giat dalam eksperimen radio penerima, pemancar homebrew dan perlengkapannya. Khususnya untuk band HF(High Frequency) seluruh mode (CW,SSB,AM,PSK31,RTTY)

    HARC-Indonesia (Moderator)

  89. hallo om….dimas. mohon sy dibuatkatkan skema cara membuat anak. trim

  90. hallo…….mas? apa kabar

  91. Iwaaaaaaaaak…………..
    Iwaaaaaak……… Iwaaaaaak……..Iwaaaaaak…….

  92. wah wah wah ,…….signale medeni,…kabeh,saiki…

  93. Jumpa dimana saja yang penting bagi2 ilmu musti manfaat, kepada siapa kita pandai kalau bukan kepada orang lain belajar tanpa digurukan kurang afdol nopo geh… hanya saran yang di tunggu bagi yang lebih muda Trim’s Iwak……………..(Imam-Tulungagung)

  94. lele….lele….. ha……ha…..
    mbah gendeng……di atas langit msh ada langit lg…..
    haaaa…..ha….

  95. Jadi ingat doeloe di tahum 1972 s/d 1980 zaman ngebrik pake tabung…kabita ooy pengen muncul lagih..Wong Bandung

  96. Salam kenal dan salam sejahtera semua nya..perkenalkan saya teknisi Traffic Light DKI Jkarta…kota asal asal Bandung ..

    Jadi ingat doeloe di tahum 1972 s/d 1980 zaman ngebrik pake tabung…kabita ooy pengen muncul lagih..Wong Bandung

  97. tulisan-tulisan rekan-rekan sangat menginspirasi saya, saya punya homebrew 80 meteran cuma sayangnya cuma keluar 5 Watt…………

    setiap malam saya dengar rekan-rekan semua berbicara di 80m apa daya sanggilan saya tidak pernah ada yang jawab karena selain watt kendala saya adalah antenna yang cuma 2×10 m yang divadukan dengan tuner homebrew juga.

    om, kalau punya power yang bisa di-drive 5 watt saya memohon skemanya.

    trims

    Andri Yoshana
    Sukabumi

  98. Mas Andri di Sukabumi…..daya pancar 5 Watt, sebenarnya sudah cukup untuk lokal-lokalan jika disukung dengan antena yang memadai dan peopagasi yang membuka. Jika ingin dayanya lebih besar lagi, banyak ko, blog yang membahasnya (coba lihat di http://am80mkabul.wordpress.com ) .
    Selamat bereksperimen……..

  99. Salam kenal pak nanang, saya mohon informasi dimana kira-kira saya bisa dapatkan OT 426 dan Varco Logam, karna saya sudah muter-muter glodok belum ketemu tuh ! dan mohon saya kirimkan skema transistor yang bagus ke email saya, rmudo@yahoo.com Trim Pak Nanang. Jaya selalu cepe meter !

  100. met sore cak nanang..pa kbr????anda msi aktiv di iwak iwak ya???muncul Lg donk di AM tp di 40 keatas skr mulai rame lagi gt..ada yag balapan,seru lho…ada yg lokal-lokalan g menghiraukan yg masuk…ada mojok sampek kayak orang suami istri,romantis gitu lhoochh…eh itu kan saya banget he..hee..hehe…………skr rekan banyuwangi jg geser keatas kayak mas Arbas,bongkeng,kempul,alek supardi N Aan klo di sibon cuma saya bapak jg,mas doohan+rika Andi+indah jg bang arik kadang2 yg lain masih bobok lelap ha..ha..tak tunggu ya pengen balapan sama cak nanang pke pemancar seribu dapat tiga……………

  101. haloo teman ngebrik se nusantara

    mohon dikirimin aku skema atau PCB yang finalnya pake 2 SD 68 dan tegangannya 12 volt

    Tks Pudji

  102. hlo asskum pak nanang slm pnuh prsbhabtn,sy mnta bntuan nich,pmancar sy sdh kuat dn terang lmpu neonnya tp stlh sy cb untk br kso gk ada yg bs dgr.ktinggian antena kra2 8 mter dr tnah pnjang antena 20 m,syg prgunakn long were .kbel anten kbel bkas parabola mohn pncerahnnya trmksh,by ”radio alap-alap di kalimantan

    • antena anda 20 meter….dari panjang aja udah gk memenuhi ketentuan……semestinya paling gk 35 ~ 40 meter panjangnya. atau kalo cuma 20 m harus dipakai loading coil tambahan sebelum ke antena tsb

  103. hallo Cak Nanang,
    Skema transistor Pemancar 80 m band yg di Finalnya pake 2 SD 68 merk Sanyo mannaaa ? , kalau bisa sich sekalian PCB nya.
    Och iyach sekarang harga pasaran FT 80 C berapa ?
    Tks cak nanang, CHERIOOOOOO

  104. kalau skema bom rakitan pasti mas ga taukan…….

    • Ya jelas to….kan ada ahlinya masing-masing, saya hanya taunya cuma brik-brikan thok.

    • taulah…tapi bukan pake tabung 813, yang jelas bisa pakai tabung LPG aja..hahahahaaaaaaaaa

  105. sy butuh pemancar am 100 watt alamat jogja dimana mas

  106. Om nanang..aq idem aja ma om bambang…. aq jg pingin nyoba-nyoba bikin pswt 80M…dr dulu sih aq pingin tapi gak ada temen yg deket… aq di klaten om ….. syukur dah skalian layout pcb…Ok thanks..

  107. Om nanang, kalau bikin ato pesen Tranceiver 80M (pke Tr , power sdng) homebrew kira-kira hbs brp ya..? alamat jogja mana..? kpn2 klau pas kjogja tak mampir…. kabari ya om aq di 0815 798 6764

    • Mas Leo di Klaten.
      Saya ada di Bondowoso bukan di Jogja. Jika anda ingin merakit sendiri Transciver 80m terutama SSB, di Jogja ada Pak Dimas, stahu saya alamatnya di utara Malioboro. Coba lihat-lihat komentar diatas, mungkin ada alamatnya.
      Ok…

  108. Halo Pak Nanang, salam homebrewer…
    saya kesulitan utk mencari ic ic PIC….dengan display2 16 x 1/ 2….beserta kristal….sekira nya bapak bisa menginfokan toko atau syp yg bsa bantu utk mencari kn komponentsb….maklum di kota saya sulit mencari binatang2 tsb pak…

    Tngkiyu……maju teyus homebrewer Indonesia 73

  109. halo pa nanaga lam kenal dari YD7KBL dari RANTAU (Kal-Sel) trims?

  110. mohon dibantu buatkan skema pemancar AM 80M dengan final transistor C2290 atau C2904.yang bagus donk..trims

    • Bpk Miftahudin Yth…
      Itu jenis transistor dengan klas mahal… rasanya sayang kalau transistor semahal itu dikerjakan pada AM…. mending pakai klas murah meriah aja bos…..dari keluarga IRF ….atau 2SK….
      Terimakasih kunjungannya….

  111. om, tlg minta skema walkie talkie… kirim ya di email ku
    komeng_q@yahoo.com

    thks “

  112. @mas nanang: saya ikut brik-brikan boleh ndak, tapi cuma pakai DSB-sup. carr. ora kuat beli OT dan mondolan. suka nongkrong di freq. berapa 4mhz keatas atau dibawah. mbah karto njengirat (solo) apa masih ROGER….(njero rok rasane seger).

    • Ya saya senangnya di frekwensi dibawah 4 MHz. Pak Karto jenggirat di solomadu masih ngebrik…namanya berubah menjadi Pak Honocoroko…..

  113. mohon scema COMBINER kiriman bpk widi/juhar di upload ulang donk, kan dah dihapus dari servernya..lagi pingin nich,,, urgent.. please,,,,

    • Masih ada ko Bos, pada hal beranda… jika saat didownload tidak tampil, mungkin servernya sibuk. Maklum…gratisan.

  114. boss bisa bantu upload ke server yg mudah di buka http://www.4shared.com/
    atau kirim ke email sy.
    trimakasih..

  115. kok ga da yg bantu boss?

  116. ayo dong pak guru,….dibagi rahasianya pemancar AM class E -nya (AM tanpa OT), saya tunggu lho,….

  117. trimakasih master, link nya dah di alih kan ke http://www.4shared.com/
    sy dah bisa download scemanya skrg.

  118. pak nanang mau tanya untuk combiner diatas trafo input pakai balun tv atau tubing yg di paralel?soalnya aku lilit pake balun dg kwt0.8 tdk muat,

  119. ada yang pernah cb skema trx ssb 80m ini belum ya? link: http://obrazki.elektroda.net/6_1259599393.jpg

  120. pa nanang pernah dengar radio inconav ? ada yang bisa bantu saya tolong kalo ada skemanya
    wasss Radio Rawa Kalong Bravo ……..Bagas bin Bagus

    • saya juga punya inconav tapi rusak,gimana cara memerbaiki dan memodifikasinya agar bisa dipakai di 80 m band

  121. maaf, sy dari banda aceh mau gabung di komunitas teknisi dan hobby komunikasi homebrew 80mtr band ini. Thank..

  122. Ya selamat datang di komunitas homebrew mas Jefry di Banda Aceh…..Terima kasih atas bergabungnya.

    admin

  123. mas nanang, sy mau nanya apa ada yg jual cb superstar 2000,2200,3600dll. Atau cobra gtl150. Yg masih standar atau siap pakai. Dulu sy punya cobra tapi udah berkarat kena tsunami dah gk bisa pake lg .jd skrg pgn on lg..

  124. Pak nanang, sy dah buat tx 80mb. Dari osc-buffer-driver jika di tes pakai tester dah nyentak n dgn ant 30cm dpt termonitor sktar 200m.
    — Apakah berarti rakitan sy itu dah berhasil?
    — Mengapa daya yg terukur di kolektor driver cuman 0,5W- seharusnya kira2 brapa W pak nanang?
    — Begitu sy hubungkan ke Final (2SC940) mengapa sinyal turun?.
    — Kalau smua dah cocok, utk jarak 200Km butuh brapa Watt pak?
    — Apakah ngukur dgn avo meter yg nyentak n lampu neon yg terang bisa jadi patokkan daya yg keluar besar?
    Ma’af pak nanang sy banyak nanya tp trmkasih atas Jawabannya.

    • To Mas Adit…..
      Cara memang cara mudah untuk melihat keluar tidaknya signal , pakai avometer pada posisi ACV.
      Mulai dari buffer, driver, final dites pakai avometer sudah nyentak, menandakan signal sudah besar.
      Lha sekarang tinggal dari final ke antena, apakah pakai Low Pass Filter dengan nilai tetap atau pakai tuning yang nilainya bisa berubah?
      Saya khawatir di tes pakai neon sudah terang nyalanya, tapi begitu disambung ke antena tidak bisa mancar jauh….jangan-jangan loading coil terlalu besar.Kalau ada SWR atau Watt meter bisa dilihat pada alat tsb, berapa daya yang keluar dan matchingnya antena.
      Ketinggian antena juga berpengaruh terhadap jarak jangkauan.

    • bisa jadi rangkaian final anda salah……tune tidak tepat atau impedansi tidak cocok…kalo punya SWR coba ditest dengan memakai dummy load 50 ohm dulu sebelum ke antenna

  125. Para sahabat yang masih aktif di AM 80 meter band, daku kepingin nostalgia seperti di era th 1980. Sekarang lagi nabung dan ngluruh komponen untuk memulai merakit TX AM. Ya mohon do’a restu dari para sahabat supaya TX cepat selesai dan bisa QSO lagi, salam semuanya 73

  126. Yg sy rakit baru sampai Driver pak krn setelah sy pasang Final (C940) justru tester(Avo-meter) tdk nyentak.
    Di Driver sy tes pakai Avo meter Nyentaknya sangat kuat pak tapi begitu sy ukur pakai SWR Diamond sx-200 kog cuman 0,5W.
    Mohon solusi dan penjelasannya Mengapa keDua hal tsb bisa trjadi pak Nanang?.
    Buat senior2 yg lain jg mohon bantuannya.
    Trmakasih utk pak nanang dan smuanya..

    • Coba dites tanpa oscilator (oscilator tdk diberi tegangan) pada Basis rangkaian bufer dan driver.
      Tegangan basis pada rangkaian tersebut sekitar 0,7 volt. Kalau tegangan lebih dari 0,7 transistornya cepet mati, biar tidak habis transistor sa’omplong, diusahakan tegangannya memenuhi data karakteristik dari masing-masing transistor (untuk download data ada pada link diatas). Demikian pula untuk final. Pada saat pengetesan tegangan yang menggunakan avometer, osc harus mati dan tidak ada signal yang keluar dari rangkaian tsb, Jika ada signal padahal osc off, berarti rangkaian mengalami “self oscilation”, periksa RFC dari masing-masing tingkat dan kapasitor bypass pada kaki kolektor masing-masing tingkat.
      Saya curiga terjadi self oscilation pada rangkaian drivernya…..

  127. Blog homebrew ok banget

    http://www.blekokqrp.blogspot.com/

    Foto kegiatan HARC Indonesia terbaru

    http://www.flickr.com/photos/46513110@N02/

    Salam

  128. met pagi mas nanang dah sarapan blum ….

  129. dimana caranya membuat irek booster.minta tolong rekan2.trims

    • Wah tidak usah kawatir wong ponorogo yang negeri jiran. Disini banyak pakar IRF, ada Pak Dimas Jogja, Pak Widi Gresik Pak Eko Surabaya dll.
      Hasil karya beliu bisa dilihat fotonya di Combiner IRF250.
      Jika berminat langsung hubungi beliau, hati-hati penipuan ya…

  130. weleh 2 rame bener niech,…salam homebrew pak nanang

    • Suaranya Canda dari Blora sangat menggelegar, mengandung unsur “radio dung-dung”. Sukses Bitx nya….

  131. Bapak – bapak yth saya penggemar forum ini tapai bagai cara masuk kesini untuk nyari ilmu tolong dibantu ya………………

    salam kenal
    iwan palembang

  132. Dari pada kelamaan nunggu balasan caranya masuk kesini lebih baik tak coba kalau – kalau bisa masuk kesini sendiri he he….
    bapak – bapak, mas – mas YTH salam kenal semuanya nama saya iwan dari palembang, dari dulu aku suka dengan yang namanya dunia utak – atik elektronika khususnya dunia pemancar.
    saat ini aku lagi coba buat TX AM 80m tapi karena barang – barangnya sudah sulit didapat maka tak coba nyari solusi khususnya bagian modulasi karena OT sudah punah disini makanya saya coba sitem series modulasi , saya sudah coba dengar menjauh dari pemancarnya ternyata suaranya keluar tapi karena dipalembang sudah tidak ada lagi yang on air jadi susah mau dapat informasinya dan juga pernah tak coba manggil rekan yang ada diseberang sumatera tapi tak ada jawaban, kira2 mancar ngak perangkat aku. final aku coba pakai IRFP 250 single (kl benar klas E) modulasi tingkat final kadang tak coba dibagian drivernya juga, antena pakai inverted dipendekkan pakai loding coil panjang sebelah kira – kira 12m (aku dapat dari majalah panjebar semangat tahunnya dak inget). inilah repotnya tidak ada rekan yang bantu merespon jadi kalau dianggap mau perang maju sendiri ha . haa….., mohon bantuannya yaaa mancar ngak TX saya ini trims
    salam : iwan

    • Ya salam kenal juga mas Iwan di Palembang.
      Kalau menurut pengalaman, dan juga dilihat pada power SWR, pasti ketahuan, kalau pemancar anda mancar atau tidak…..ya pasti mancar.
      Cuma permasalahannya signal ini sampai di antena apa tidak, dapat dilihat pada SWRnya. Wah kalau sudah klas E berarti kemajuan sekali.

    • Salam kenal mas Iwan Palembang.
      Ya begitulah repotnya, jika tidak punya kawan lokal.
      Wah….hebat kemajuan ini, sudah menggunakan klas E. Nanti kalau sudah Ok silahkan diposting disini ya…

      • salam kenal juga mas nanang, menurut silsilah dasar rangkaiannya sih katanya kelas E tapi sudah tak coba otak – atik dan juga tambah2 komponenya biar dapat keluar daya yang jos, memang bisa keluar daya sekitar 80w dengan vcc 15v beban aku pakai dammy loads 40 w kalau kelamaan dikit pasti mambu sangit, aku pernah buat pemancar fm dengan swr meter yang kupakai ngerakit hf sekarang waktu aku lihat kalibrasi sinyal di swrnya kok jauh perbedaanny. kalu di FM untuk daya 20w potensio swrnya bisa di posisi tengah bahkan bisa lbih tapi kalu dihf kok cuma1/4nya saja dengan daya 80w apa memang begitu ya mas dan memang system modulasinya juga aku coba pakai series modulasi agar lebih murah tidak perlu pakai travo ot yang besar, terus harus ngerakit amp untuk modulasinya yang juga besar (celengan bagongku ora cukup kanggo ngragati ha.haa…) apalagi sekarang mau coba buat antena yang full size aja celengan ayamnya masih kurus, nah kalau sistem modulasi ini memang bisa cukup pake pream mic ditambah tone kalau perlu terus bisa di pakai bisa irit. rit tenan, sukur2 kalau mas nanang sudah pernah mencobanya dan bisa dibagikan ke aku (mau enaknya saja ha.. ha..)
        terima kasih

    • daripada pakai IRF mendingan pakai D313 aja wan….. IRFP 250 itu transistor catu daya bukan buat RF… kalo gk buat pemancar tabung aja, lebih gampang…signalnya ngaceng…..he..heee.heeeee

      • ke rumah lah di plazoe….masih byk simpan komponen…mau mika, varco atau RFC yang 1A juga ada. Tabung dari yg kecil kayak 6AQ5, 6CB6, 6 BA6, 12BY7, 807, 6L6, 6V6, 12 GB7 , 21 JZ 7 maseh ada disimpan daalm gudang…mudah2an dak jamuran bae…he..heee..

      • klo mau di uji coba boleh sama Irex saya bisa tampil di 3770, klo cuma 807 atau 21JZ dari qualitas modulasinya atau signalnya, biar pengguna irex tidak patah semangat…..mumpung ada tukang record.

      • broo ada tabung 6V6, 6L6 dan 807 mohon dapat di share, nur z jepara

  133. kang… saya mau buat tugas akhir dengan judul alat pengukur frekuensi digital..

    saya sudah gagal tugas akhir pada judul alat pengusir hama..

    mohon bimbingannya..

    titis yoga prasetyo
    081903335127
    085257455502

    • Bos…. rangkaian Frekwensi meter yang anda maksud itu pakai yang mana? banyak model rangkaiannya.Kalau skema diatas pakai IC PIC yang merupakan IC mikrokontroler, berarti perlu bahasa program dst.. Ini pakarnya Pak Dimas Yogyakarta, Pak Juhar Widiyanto Gresik

  134. To mas Iwan Palembang.
    Kalau masalah kalibrasi SWR ya tergantung dari merknya, yang penting bisa dipakai di HF sini, karena kadang-kadang range frekwensinya s,5 s.d 200MHz, tapi begitu ditancapkan di HF, ternyata tidak mau nunjukkan angka….
    Yang pernah saya coba, yang skema diatas. yang tanpa OT itu, ternyata hasilnya signal melonjak-lonjak kayak bebek dan modulasi kurang linier (sekarang sik males otak atik).
    Kalau yang punya anda sudah Ok, skemanya atau ceritanya dikirim ke e-mail saya,
    Ok teruskan bereksperimen…..semangat…….semangat….

  135. selamat siang mas nanang
    mas saya mau tanya, apa penyebab kalau pemancarnya dikasih modulasi singnalnya malah turun (negatif), tolong dikasih solusinya mas. terima kasih

    • Wah ini….mas Iwan di Palembang.
      Jaman saya sekolah dulu hanya mengenal kelas penguat hanya kelas A, B, C, AB, lha sekarang sudah muncul kelas E, H.
      Saya sudah ketinggalan jaman mas.
      Kalau menurut pengalaman tanpa teori, mungkin :
      a. arus power supply untuk TX kurang besar ampernya, sehingga terjadi drop tegangan
      b. power dari audio terlalu besar, sehingga terjadi over modulasi.
      c ………

    • Iwan mana neh????? Kalo negatif berarti rangkaian kau tuh jelekkk. atau dimodulasi di oscillator ea….wkwkwkw

  136. mas aku juga punya 80m band tapi jangkauannya pendek gmanaya

  137. selamat siang mas nanang
    mas skemanya sudah tak kirimkan diemail sampeyan tong ya mas di koreksi terus saran dan komentarnya tulis disini saja

  138. ada skematic 80m pakai dioda gk ya???

  139. BULAN PUASA SUDAH DEKAT NEHH….AYOOO BURUAN NAIKKAN ANTENNA….SELAMAT PAGI SEMUAAAAAA………

  140. melu nguping….

  141. selamat malam pak . klo blh bertanya dijogja t4 yg jual cincin ferit yg mudah didapat dimana ya ? . makasi atas bantuannya

  142. apa kabar pa nanang? bisa bantu saya ga s

  143. lutfi dmna (na22222ng xosim)

  144. whoah this weblog is excellent i love studying your posts. Keep up the good paintings! You realize, lots of persons are hunting round for this information, you could aid them greatly.

  145. mas Nanang, saya Bpk Kempul dr Banyuwangi

    pripun kbare pnjenengan lan skluarga ??

    • Selamat datang di dunia maya P Kempul…..
      Kabarnya semua baik pak ….kok lama tidak kedengaran di radio….
      opo panen tah…?

  146. Mohon skema pemancar AM 80 m dg NPN dan modulator

  147. om nanang mohon pencerahan saya udah selesai buat tx 80 dengan out rf 40 watt dengan modulator ampli toa Z 200 dan penentu frekuensi kristal 3,59 MHz. apa udah layak untuk DX komunikasi

    • Waduh…saya sendiri tidak pernah kmunikasi secara DX bos….

    • mas buris, gimana udah dicoba TX nya dan gimana saya mau dong skema nya dan pakai antena apa ?? serta kel;uaran signal apa pakai coax cable yg 50 ohm ? final transistornya pakai apa ?? kalau jaman dulu tahun 80 an pakai 2 SD 68 merk sanyo. bisa buatkan untuk saya gak mas buris ??

  148. assalamu’alaikum mas kempul salam kenal dari saya wong sumatera utara mo nanyak nih apa masih ada rekan rekan kita yg masih exist di homebrew 80mtr band klau masih aq jad pengen lagi soale dah lama aq ndak pernah ngebrik lagi nama operator di udara saya 11 papa n di darat PI’I.ayo kita hidupkan lagi nostalgia tempo doeloe.wassalam gantiiiiiii

  149. mas saya bisa minta skema rangkaian walkie talkie merek rastar yang terbaru. karena skema yang lama saya sudah punya. dan cara memperbesar sinyal transmitternya gimana?????

  150. mas nanang bisa bantu untuk nyariin tabung 6V6, 6L6 dan 807, sukur-sukur dengan varco logam rencana mau ngebangun kembali pemancar 80 m, atas bantuannya diucapkan terima kasih

    • sy punya 807 RCA blm pernah dipakai sejak beli thn 1984….ayo siapa yg mau beli…02261074733 hary bandung

  151. ikut gabung nih, aku baca2 jadi kepingin on air lagi, terkenang th. 80 – 90an waktu masih sering megudara di am 4 – 5 Mhz. dulu aku tinggal di bantul, sekarang di tangerang. mudah2an bisa terwujud lagi 80 meter bandku & bisa on air lagi…….

  152. gimana kabarnya boss

  153. sebetulnya ping ngrakit bos; tapi tidak bisa kalau ada perangkat murah murahan harga terjangkau dan keluar wattnya besar apa bisa dikurik

  154. mas dimas aku minta tolong bisa nggak aku dikirimi skema frekuensi counter? tolong dong dikirim lewat emailku ( kresna kepatihan gresik )

  155. Wah, aku baru tau ada rekan rekan 80m band disini.Setelah aku baca ingin rasanya kembali membuka perangkat 80 m band yang sudah lama aku simpan.salam 73
    dari papa indian november pekanbaru riau

  156. met siang bos….ak udah kepuingin mengudara,tp power suply blm jadi,hehehe….

    • terima ksih om arman atasc email skemanya insya allah akan aku coba. tapi aku dah buat TX baru 80 mt dah jadi tinggal antenanya saja yang belum naik. aku paki final 1106 AF lumayang ngangkat nanti aku kirim gambar fotonya thx ya… ayo kita ramaikan lagi 80mt nya

  157. Skema resiver Sw1 ada ngk ya…

  158. sallam kenal pa nanang. saya butuh sekemah linear irf 150p di sini ada ga pa nanang 150p powerna berapa watt??…

  159. Salam kenal rekan2 semua
    Mau menawarkan PCB 80mtr band jadul he he
    langsung ke tkp ya

    http://tv-dan-audio-video.tokobagus.com/pemancar-audio-video/pcb-pemancar-80-meter-band-18802662.html

    Varco Besi cek disini

    http://telekom.tokobagus.com/radio-komunikasi-2-arah/kapasitor-variable-besi-19476407.html

    trims p.nanang

  160. salam kenal pak nanang dari saya…setelah semalam ber QSO dengan Mbah Mangun dari jogja membahas tentang PDM mohon ijin untuk download skema pemancar am class E nya…terima kasih..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 112 pengikut lainnya.